Sederet Fakta Unik Rub Al Khali, Gurun Pasir Terluas Di Dunia

Sederet Fakta Unik Rub Al Khali, Gurun Pasir Terluas Di Dunia



Gurun Pasir Terluas Di Dunia
Gurun Pasir Rub Al Khali
Rub Al Khali adalah padang pasir terbesar di dunia. Gurun ini menutupi sepertiga wilayah Semenanjung Arab, termasuk sebagian besar Arab Saudi, Oman, Uni Emirat Arab dan Yaman. Padang pasir ini memiliki luas 650 ribu kilometer persegi. 



Padang pasir ini benar-benar sangat luas, bahkan lebih luas daripada luas Prancis, Belgia dan Belanda digabungkan. Gunung-gunung pasir yang ada di disini juga lebih tinggi daripada Menara Eiffel, mencapai lebih dari 300 meter dan melebar hingga ratusan kilometer. 


Sederet Fakta Unik Rub Al Khali
Bukit Pasir Rub Al Khali

Gunung-gunung pasir ini setiap tahun tertiup angin hingga 30 meter per tahunnya. Selain padang pasir, di Rub Al Khali juga ada dataran garam yang cukup luas.  

Padang pasir ini luas dan relatif kosong, berada di tengahnya membuat Anda seperti berada di suatu tempat yang tak berujung. Di dalam tanahnya dipercaya tersimpan banyak sumber minyak, dan ada beberapa yang sudah ditemukan. Fauna yang hidup di padang pasir ini adalah kalajengking dan tikus, serta beberapa jenis tanaman gurun.


Selain itu ada satu hal lagi fenomena alam yang terjadi di Gurun yang di juluki  Empty Quarter Desert yaitu fenomena Sungai Pasir. fenomena membingungkan yang indah.



Beberapa orang meyakini itu di akibatkan oleh banjir bandang. Belum ada penjelasan yang memuaskan, tapi satu hal yang pasti, fenomena ini menciptakan banyak kekaguman. Orang-orang masih mencari jawaban atas fenomena ajaib ini. Terlepas dari apa yang menyebabkan fenomena itu tapi itu benar-benar terlihat sungai pasir yang mengaliri gurun.



Sumber: Okezone, AMJG

No comments:

Post a Comment

x
Ikuti kami di Facebook