Model Pembelajaran Arisan

Model Pembelajaran Arisan




Proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) terkesan monoton sehingga motivasi dan semangat siswa belajar berkurang, dalam hal seperti ini pengajar dituntut menguasai beberapa model pembelajaran agar KBM berlangsung dengan menarik. berikut ini ialah model pembelajaran arisan yang terinspirasi dari kegiatan arisan yang sering dilakukan oleh ibu-ibu.

Pengertian Model Pembelajaran Arisan
Devinisi arisan menurut kamus Bahasa Indonesia adalah kegiatan mengumpulkan uang atau barang yg bernilai sama oleh beberapa orang kemudian diundi di antara mereka untuk menentukan siapa yg memperolehnya, undian dilaksanakan dl sebuah pertemuan secara berkala sampai semua anggota memperolehnya. Itulah arisan suatu kegiatan yang mempunyai daya tarik super dahsyat sehingga kegiatan ini pasti dan pasti terlaksana sesui jadwal yang telah ditentukan peserta arisan sebelumnya.

Model pembelajaran kooperatif tipe arisan adalah suatu strategi pembelajaran yang tumbuh dari penelitian pembelajaran kooperatif (cooperative learning) dan waktu bergiliran secara bergantian. Siswa dibentuk kelompok dan setiap jawaban digulung dan dimasukkan ke dalam gelas kemudian siswa yang memegang kartu jawaban menjawab setelah dikocok terlebih dahulu.

Pengajaran kooperatif (cooperative learning) adalah pendekatan pembelajaran yang berfokus pada penggunaan kelompok kecil siswa untuk bekerja sama dalam memaksimalkan kondisi belajar untuk mencapai tujuan belajar. Pembelajaran kooperatif merupakan pembelajaran yang secara sadar dan sengaja mengembangkan interaksi yang silih asuh untuk menghindari ketersinggungan dan kesalahpahaman yang dapat menimbulkan permusuhan, sebagai latihan hidup di masyarakat. Secara ringkas, pembelajaran kooperatif adalah pembelajaran yang secara sadar dan sistematis mengembangkan interaksi yang silih asah (saling mencerdaskan), silih asih (saling menyayangi), dan silih asuh (saling tenggang rasa) antar sesama siswa sebagai latihan hidup dari dalam masyarakat nyata.

Model pembelajaran kooperatif tipe arisan ini menggunakan media kartu, pola media kartu yang digunakan dalam metode ini adalah sebagai berikut :
a. Buat kartu (10 x 10 cm ) sebanyak jumlah siswa untuk menulis jawaban.
b. Buat kartu ( 5 x 5 cm ) sebanyak jumlah siswa untuk menulis soal.
c. Wadah atau tempat untuk meletakkan kartu-kartu.

Langkah-Langkah
Langkah-langkah pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe arisan ini adalah sebagai berikut :
Bentuk kelompok orang secara heterogen.
  1. Kertas jawaban bagikan pada siswa masing-masing 1 lembar / kartu soal digulung dan  dimasukkan ke dalam gelas
  2. Gelas yang telah berisi gulungan soal dikocok, kemudian salah satu yang jatuh diberikan agar dijawab oleh siswa yang memegang kartu jawaban.
  3. Apabila jawaban benar maka siswa dipersilakan tepuk tangan atau yel-yel lainnya.
  4. Setiap jawaban yang benar diberi poin 1 sebagai nilai kelompok sehingga nilai total kelompok merupakan penjumlahan poin dari para anggotanya
 
Kelebihan dan Kekurangan
a. Kelebihan dari model pembelajaran kooperatif tipe arisan ini adalah :
  •  Pembelajaran yang menarik dihubungkan dengan kehidupan nyata.
  • Siswa akan mempersiapkan diri secara maksimal untuk mendapar giliran.
b. Kekuranga dari model pembelajaran kooperatif tipe arisan ini adalah :
  • Tidak semua terlibat dalam kegiatan pembelajaran.
  • Nilai tergantung pada individu yang mempengaruhi nilai teman lain.
     




 


3 comments:

  1. Maaf pak/bu terkait model kartu arisan dimana saya bisa menemukan bukunya untuk penelitian saya?

    ReplyDelete
  2. saya ingin cerita sedikit tentang kehidupan saya yg dulu ya susah punya usaha kecil kecilan,usaha sya makin hari makin merosot punya hutang banyak hutang di BANK, sebagai modal,dan saya mncari solusi ya di internet,dan berkenal degan AKI DEWATA TANAH,dan beliau membantu saya dgan kmampuan beliau, dan alhamdulillah akhir ya sya bisa sukses, makin hari usaha sya makin maju, dan jga bisa mmbayar semua hutang saya di BANK jika anda ingin menjadi sprti saya hubunggi AKI di nomornya 085255557816 semoga AKI bisa mmbantu anda dgan kemampuannya sekian dan terimakasih......

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

x
Ikuti kami di Facebook