8 Alasan Membenci Membaca

8 Alasan Membenci Membaca



Membaca adalah suatu cara untuk mendapatkan informasi dari sesuatu yang ditulis. Membaca melibatkan pengenalan simbol yang menyusun sebuah bahasa. Membaca dan mendengar adalah 2 cara paling umum untuk mendapatkan informasi.

Selain itu membaca adalah salah aktivitas yang sangat bermanfaat bagi individu yang bersangkutan, diantara manfaat tersebut ialah dapat menambah pengetahuan dan memperluas wawasan.

Mengingat begitu besarnya manfaat membaca sehingga membaca dikatakan sebagai tonggak penting dalam proses pembelajaran sepanjang hayat kerana melaluinya sesuatu bangsa itu dapat meraih dan mencapai pelbagai cabang ilmu pengetahuan yang menjadikan mereka lebih kreatif, inovatif dan senantiasa mempersiapkan diri untuk kekal maju dalam suasana persaingan ekonomi dunia yang berasaskan pengetahuan.

Terus yang menjadi permaslahan terkini adalah banyaknya generasi muda khususnya peserta didik di baik jenjang SD, SMP dan SMA yang tidak menyukai membaca. Sedangkan kita tahu peserta didik yang membenci membenci membaca tidak membaca dengan baik. Disinilah peran seorang guru harus mengetahui mengapa perserta didik tidak suka membaca.

Berikut ini adalah alasan-alasan kenapa peserta didika anti-membaca:
  1. Membaca membuat mereka sakit kepala atau menyakitkan mata
  2.  Peserta didik dipaksa a membaca keras-keras dan peserta didik lain akan memtertawai.  
  3. Peserta didik dipaksa membaca banyak bahan yang tidak menarik bagi mereka. 
  4. Peserta didik dipaksa menyelesaikan bacaan yang dimulai di kelas , meskipun bacaan itu panjang, sulit atau membosankan. 
  5. Peserta didik terbebankan materi bacaan yang mereka tidak suaki, bukannya sebuah usaha mendapatkan     informasi, melihat persfektif baru, atau sesuatu yang menghibur. 
  6. Mereka sering tersesat saat membaca karena pemahaman dasar mereka tidak memadai.
  7. Peserta didik percaya bahwa usaha mereka mengejar ketertinggalan akan sia-sia. 
  8. Peserta didik dipaksa memberikan opini dari sebuah buku atau cerita verbal atau tertulis, jika berkata jujur akan dapat nilai buruk.

Sumber;
http://id.wikipedia.org/wiki/Membaca
http://www.pelitabrunei.gov.bn/rencana/item/2729-pupuk-minat-membaca-generasi-muda






No comments:

Post a Comment

x
Ikuti kami di Facebook