Kapal Jelajah Rudal Laksamana  Nakhimov Milik Angkatan Laut Rusia

Kapal Jelajah Rudal Laksamana Nakhimov Milik Angkatan Laut Rusia


Kapal Jelajah Rudal Laksamana  Nakhimov Milik Angkatan Laut Rusia
Kapal Jelajah Laksamana Nakhimov, Foto:en.ria.ru
Kapal Jelajah Perang adalah kapal perang berukuran besar namun lincah dalam bermanuver, mengingat bagitu pentingnya peran kapal jelajah c dalam pertahanan samudra maka tak mengherankan jika Rusia sebagai salah satu negara terkuat, pewaris kedigjyaan Uni Soviet terus berbenah diri terutama dalam urusan militer, dilansir dalam media online Rusia berbahasa Indonesia, Rusia tengah meng-upgrade Kapal Jelajah Rudal Nakhimov, sehingga nantinya Kapal jelajah Perang Berpeluru Rudal ini akan menjadi Kapal jelajah tersangar yang dimiliki angkatan laut Rusia.
Kapal Jelajah laksamana nakhimov adalah kapa jelajah nuklir tersangar yangh dimiliki angkatan laut Rusia. Setelah mengalami proses modernisasi, Kapal Jelajah ini akan  dilenkapi dengan sistem antirudal jarak jauh  S-400 dan jarak menengah Poliment-Redut, serta rudal jelajah Kaliber. Meskipun begitu ia akan tetap mempertahankan sistem persenjataan lama yang sudah terpasang.
Menurut  Pemimpin Redaksi Military Russia Dmitri Kornev modernsisai tersebut hanya akan meng upgrade kemampuan tempurnya agar sesuai dengan perang modern S-400 akan menggantikan sistem S-300F, yang sebelumnya terpasang pada kapal ini, Poliment-Redut akan menggantikan Osa-M, dan rudal jelajah Kaliber akan menggantikan rudal jelajah antikapal supersonik P-700 Granit,” jelas Kornev. “Dengan persenjataan semacam itu, kapal jelajah ini jelas akan menjadi kapal terhebat di armada Rusia,” terang Kornev. Rudal jelajah antikapal supersonik P-700 Granit yang terpasang pada Nakhimov sebelumnya hanya mampu menembak sasaran di permukaan air. Dengan dilengkapi Kaliber, kapal ini dapat menyerang tidak hanya sasaran di permukaan air tetapi juga di darat. “Tentu itu akan sangat meningkatkan kemampuan tempur kapal ini,” tutur Kornev.
Dalam keterangan lain disebutkan Rudal jelajah Kaliber mampu menembak target pada jarak 300 kilometer dan tak lama lagi akan mampu menyerang target pada jarak setidaknya seribu kilometer dan kemungkinan rudal ini akan menjadi rudal supersonik. “Di Angkatan Laut Soviet, kapal kelas Orlan 1144 (kelas Laksamana Nakhimov) adalah kapal utama ‘Kelompok Kapal Permukaan Air’. Di masa damai, kapal-kapal ini digunakan untuk mengawasi armada negara NATO, terutama dari AS,” kata ahli militer dan sejarawan militer independen serta penulis buku sejarah Angkatan Laut Soviet Dmitri Boltenkov.

Menurut Boltenkov, sistem persenjataan yang akan dipasang pada kapal jelajah saat ini mungkin akan mengubah misi kapal. “Tapi, mungkin dengan pemasangan alat komunikasi baru dan sistem kendali otomatis, Nakhimov dapat dengan mudah menjadi kapal utama skuadron,” ujar Boltenkov. “Selain menghancurkan kapal musuh, dengan menggunakan Kaliber, kapal jelajah ini dapat menjadi ancaman serius bagi infrastruktur darat musuh serta obyek-obyek strategisnya,” terang Boltenkov.

No comments:

Post a Comment

x
Ikuti kami di Facebook