Kantung Semar Raksasa Flora Unik Pemakan Daging

Kantung Semar Raksasa Flora Unik Pemakan Daging

Kantung Semar
Menurut yang dimakan, hewan digolongkan menjadi 3 yaitu herbivora (pemakan tumbuhan), karnivora (pemakan daging), omnivora (pemakan segala). Ternyata tidak hanya hewan, tumbuhan yang biasanya mendapatkan energi dari unsur hara yang didapatkan dari tanah dan dari hasil fotosintesis, namun tumbuhan juga ada yang termasuk ke golongan karnivora yaitu pemakan daging. Tanaman raksasa yang merupakan hewan pemakan daging adalah kantung semar.
1
Kantung Semar Raksasa Ditemukan Filipina, Foto: mabios.com
Kantung semar yang dapat ditemui di hutan tropis yang ada di hutan Kalimantan biasanya memangsa serangga yang masuk ke mulut tumbuhan tersebut. Akan tetapi, ilmuan Inggris yang bernama Sir David Attenborough menemukan kantung semar raksasa di Filipina. Jenis tumbuhan ini tidak hanya memangsa serangga namun hewan besar seperti tikus. Tumbuhan bernama latin Nepenthes tersebut merupakan salah satu jenis dari kantung semar yang ditemukan.
Sumber lain menyebutkan jika tanaman raksasa pemakan tikus tersebut ditemukan oleh Stewart McPherson yang merupakan seorang petualang alam dan memiliki rumah penerbitan di Inggris yang bernama Redfern Natural History Production. Stewart menemukan tumbuhan tersebut ketika sedang melakukan ekspedisi di Gunung Victoria, Filipina bersama dengan Alastair Robinson dan Volker Heinrich yang merupakan pakar botani.
Kantong semar termasuk dalam tumbuhan pitcher (kantong perangkap). Kantung semar raksasa memiliki tinggi yang lebih dari 1,2 meter atau sekitar 4 kaki dan merupakan tumbuhan karnivora terbesar yang ditemukan di abad ke-21. Species baru yang ditemukan bernama latin Nepenthes Attenboroughii yang berwarna hijau dengan bercak ungu yang dapat memangsa korban yang lebih besar seperti tikus pengerat baik besar ataupun kecil. Nama ilmiah tersebut diberikan untuk sebagai wujud penghormatan kepada seorang naturalis asal Inggris yang bernama Sir David Attenborough.
Penemuan tersebut dipublikasikan dalam sebuah jurnal yang bernama Botanical Journal of the Linnean Society. Dalam tanaman tersebut terdapat rongga besar dan terdapat air yang memiliki struktur daun. Alasan kenapa kantung semar dapat menarik dan menangkap serangga dan tikus adalah karena tanaman tersebut mempunyai nektar. Ketika mangsa masuk ke dalam, mangsa tidak akan bisa lepas karena di dalamnya terdapat perangkap lilin dan licin dan terdapat asam serta enzim yang dapat menghancurkan tubuh mangsa.
Sumber: mabios.com

No comments:

Post a Comment

x
Ikuti kami di Facebook