Cara Meningkatkan Kecepatan Membaca

Cara Meningkatkan Kecepatan Membaca


Kemampuan membaca merupakan salah satu standar kemampuan dalam Bahasa dan Sastra Indonesia yang harus dicapai pada semua jenjang pendidikan. Melalui kemampuan membaca diharapkan siswa/mahasiswa mampu membaca dan memahami teks bacaan dengan kecepatan yang memadai. Dengan membaca bagaikan membuka jendela dunia, dengan membaca akan dapat memperoleh berbagai pengetahuan dan informasi, karena semakin banyak membaca semakin banyak pula hal yang belum diketahui, sehingga untuk membantu dan mempermudahkan mengetahui segala sesuatu, salah satu cara adalah melalui kegiatan membaca. Nah berikut ini ada beberapa cara untuk meningkatkan kecepatan membaca.

Uraian cara meningkatkan kemampuan membaca antara lain: (1) melihat dengan otak karena otak menyerap apa yang dilihat oleh mata serta persepsi dan interprestasi otak terhadap tulisan yang dilihat oleh mata dapat mempengaruhi pemahaman terhadap bacaan, (2) menggerakan mata terarah (fixed) pada suatau sasaran (kata) dan melompat kesasaran berikutnya, (3) melebarkan jangkauan mata dan lompatan mata yaitu fiksasi meliputi dua atau tiga kata, (4) membaca satu fiksasi untuk satu unit pengertian, dan (5) meningkatkan kosentrasi karena dengan kosentrasi pembaca menjadi cepat mengerti dan paham.

Sedangkan dari sumber lain menyebutkan untuk meningkatkan kecepatan membaca antara lain: (1) menghilangkan regresi karena regresi dapat memperlambat kecepatan membaca, (2) mengembangkan ritme, cara ini dilakukan untuk mengurangi regresi, (3) meningkatkan jangkauan pandangan mata dapat dilakukan dengan melihat kata-kata sekaligus, mengenai kumpulan kata, dan mengubah cara kerja otak dalam menerima informasi, (4) latihantachistopic atau sering disebut flashing, latihan ini menggunakan perangkat antiregresi.

Selain cara-cara yang disebutkan di atas ada beberapa cara lain untuk meningkatkan keterampilan membaca cepat antara lain: (1) sediakan waktu tiap hari minimal sepuluh menit untuk membaca apa saja dengan penuh perhatian, (2) paksakan diri Anda untuk membaca lebih cepat dari biasanya, (3) hindari kebiasaan buruk dalam membaca seperti gerakan bibir atau vokalisasi, (4) latih kemampuan mengenali ide pokok, (5) jangan pernah mundur kebelakang (regresi), (6) cintai kegiatan membaca dan jadikan sebagai kebiasaan.

Secara teoretis, kecepatan membaca dapat ditingkatkan menjadi dua atau tiga kali lipat kecepatan semula. Dengan mengetahui metode dan teknik mengembangkan kecepatan membaca, diikuti latihan intensif, menghilangkan kebiasaan-kebiasaan buruk ketika membaca, dan membiasakan diri membaca dengan cepat maka dalam beberapa minggu kecepatan membaca akan meningkat.

Berdasarkan pendapat di atas dapat disimpulkan, cara meningkatkan kecepatan membaca antara lain (1) menerapkan teknik dan metode membaca, (2) menentukan tujuan membaca terlebih dahulu, (3) meningkatkan jangkauan mata dan lompatan mata yaitu fiksasi meliputi dua atau tiga kata, (4) hindari regresi.

No comments:

Post a Comment

x
Ikuti kami di Facebook