Cara guru menyampaikan materi pengajaran yang kurang aktif melibatkan siswa menjadi salah satu masalah yang ditemui dalam dunia pendidikan di hampir semua negara di dunia. Di Amerika Serikat, Jennifer Gonzalez sebagai seorang guru yang juga memiliki National Board Certification Teacher mengatakan, pengajaran model pasif seperti itu terus berlangsung terus-menerus selama bertahun-tahun.

 Menurut wanita yang juga ibu rumah tangga itu, jenis pengajaran tersebut juga dialami anaknya ketika di sekolah, di mana seharusnya siswa dilibatkan untuk mempelajari dan memahami konsep materi yang diajarkan melalui praktik secara langsung. Siswa bukan hanya diberikan materi pelajaran yang disampaikan di papan tulis atau PowerPoint, lalu diminta menyalin yang dikatakan guru. Hal itu belum tentu berarti bahwa para siswa sudah mengerti materi tersebut. Bahkan hal itu bisa mengakibatkan kegagalan belajar pada siswa.

Jennifer berpendapat, tugas guru bukan berarti selesai setelah menjelaskan materi pelajaran. Maka dari itu, masalah ini harus diperbaiki dan bisa diselesaikan melalui berbagai cara. Solusinya tidak harus susah, memakan waktu, dan mahal. Cukup tambahkan aktivitas dalam kegiatan belajar di kelas yang akan membantu membangkitkan daya pikir siswa, mengamati pola dan hubungan dengan materi pelajaran sebelumnya, dan mengalami hal baru sehingga siswa mampu mengingat materi dengan lebih baik. Untuk memperbaiki pengajaran yang sifatnya pasif, berikut ini delapan langkah yang bisa dilakukan dalam kegiatan siswa:

1. Memilah Kelompokkan materi pengajaran sesuai dengan jenisnya, beri nama, dan instruksikan kepada siswa yang mengharuskan mereka membuat skema dan menghubungkan materi pengajaran tersebut.

2. Pekerjaan kinestetik
 Melakukan permainan peran dan simulasi singkat dapat membantu siswa memvisualisasikan proses dan hubungan antara materi pelajaran. Aktivitas ini juga bisa dilakukan dengan membuat model dari Play-Doh atau kardus.

3. Diskusi
Memberi waktu beberapa menit kepada siswa untuk membahas materi pelajaran, terutama saat mereka mengambil sikap tentang suatu topik dan mendukungnya dengan bukti, dapat membantu mereka mempelajari materi itu lebih baik. Harus dipastikan pula bahwa semua siswa ikut berpartisipasi.

4. Grafis
Meminta siswa memasukkan materi dalam bentuk visual apa pun akan membantu mereka mengingat dan memahaminya lebih baik. Salah satu caranya yaitu dengan menyusun menjadi grafik dan sketsa. Siswa dapat melakukannya sendiri atau bersama teman-teman dengan dukungan guru, apalagi jika menemui suatu materi konsep yang menantang. Ini bisa menjadi cara paling efektif.

5. Menulis untuk belajar
Ketika siswa menuangkan idenya secara tertulis, mereka dipaksa untuk memadukan informasi yang diterima secara pasif. Maka dari itu, sebaiknya hentikan pengajaran sesekali untuk meminta siswa menulis ringkasan pendek atau memberikan pendapat mereka tentang hal-hal yang mereka pelajari. Cara ini dinilai efektif dan efisien untuk memperkuat pembelajaran mereka, selain itu juga sederhana untuk bisa diimplementasikan.

6. Proyek mini
Untuk belajar menjadi aktif, siswa tidak harus terlibat dalam proyek jangka panjang dan rumit. Mereka dapat mengerjakan proyek kecil yang hanya memakan waktu satu atau dua hari. Misalnya dengan membuat poster tentang peringkat para pemimpin negara, kemudian mereka menentukan pilihan serta memberikan alasan dan bukti. Proyek semacam ini dapat dilakukan dalam waktu singkat.

7. Panduan awal
Panduan awal merupakan bentuk sederhana bagi siswa untuk menyatakan pendapatnya sebelum kegiatan belajar. Ini membuat mereka terpacu untuk mengetahui materi pelajaran lebih lanjut. Ini menjadi cara yang sederhana untuk meningkatkan keterlibatan siswa dan membantu mereka dalam menerima pelajaran yang lebih sulit.

8. Membuat catatan berkualitas
Meskipun siswa tampaknya membuat banyak catatan di kelas, belum tentu hal ini menghasilkan pembelajaran yang berkualitas. Pencatatan seharusnya selaras dengan penelitian dan praktik di kelas. Gabungan kegiatan itu bisa menjadi pembelajaran yang ampuh.

9. Praktik
mengingat kembali Meminta siswa mengingat kembali informasi yang pernah disampaikan di kelas akan membantu mereka mempelajari materi tersebut dengan lebih baik. Informasi itu bisa berupa materi yang perlu dihafal dan konsep yang membutuhkan pemahaman lebih kompleks.

sedangkan jika kamu seorang pelajar atau mahasiswa agar pembelajaaran di kelas tidak membosankan dapat melakukan memperhatikan tips dibawah ini:
1. Memperhatikan Pelajaran

Simaklah guru secara aktif, menyimak sambil berusaha memahami ucapan guru yang sedang mengajar adalah cara terbaik untuk mengikuti pelajaran. Menyimak secara aktif berarti mendengarkan dan berpikir. Catatlah selengkap mungkin. Anda tidak akan merasa bosan di kelas jika terus mencatat apa saja yang guru Anda katakan sebab Anda akan selalu sibuk.

2. Buatlah Gambar-gambar Pada Catatan

Beberapa penelitian membuktikan bahwa orang-orang yang senang membuat gambar-gambar lucu (doodle) pada catatan, cenderung akan lebih mudah memperhatikan dan lebih mampu mengingat informasi.

3. Lakukan Interaksi Dengan Guru Dan Teman-Teman Di Kelas

Waktu akan terasa berjalan lebih cepat jika mampu melibatkan teman-teman dan guru Anda dengan memanfaatkan situasi di dalam kelas. Ajukan pertanyaan tentang materi yang diajarkan. Anda akan tetap fokus dan waktu terasa lebih singkat jika Anda mengangkat tangan dan bertanya atau menjawab pertanyaan dari guru Anda.

4. Sampaikan Pendapat Atau Gagasan Yang Kontroversial

Cobalah gunakan cara-cara yang dapat menimbulkan kontroversi jika pelajaran mulai terasa membosankan. Adanya perdebatan antar siswa tentang pandangan yang berbeda dapat menghidupkan suasana sehingga pelajaran akan terasa lebih menyenangkan.

5. Buatlah Permainan Sambil Menyimak Pelajaran

Jika materi yang diajarkan terasa membosankan, cobalah mencari alasan lain agar Anda lebih tertarik untuk mendengarkan, misalnya membuat gambar word cloud secara manual. Tulislah kata yang sering diucapkan oleh guru Anda seperti menggunakan word cloud secara manual, buatlah gambar yang lebih besar dan terlihat mencolok untuk kata yang sering diucapkan dan gambar yang lebih kecil untuk kata yang jarang diucapkan.
Kompas.com
prfmnews.com