Pengertian dan langkah model pembelajaran Personalized System of Instructions (PSI) merupakan pembelajaran berbasis personal atau individu siswa yang sudah dimodifikasi dengan sistem cooperative learning. PSI merupakan pembelajaran yang menggunakan sistem modular dimana siswa dibantu oleh seorang tutor yang dapat berupa guru atau teman satu kelasnya.

Sistem pengajaran Personalization System of Instruction (PSI) diterapkan pada suatu pelajaran yang lengkap. Pendekatan umumnya berdasarkan pada sebuah buku ajar dengan satuan pelajaran yang terdiri atas bacaan, pertanyaan, dan soal. Setelah mempelajari setiap bagian bahan dan menjalankan seperangkat pertanyaan yang berkaitan atau menyelesaikan berbagai kegiatan, siswa melaporkan kepada pengawas atau tutor bahwa siap untuk diuji tentang bagian tertentu dari bahan ajar.

Personalized System of Instruction (PSI) dalam pelaksanaannya sudah mencerminkan system pembelajaran individual, dengan beberapa modivikasi. Langkah-langkah yang ditempuh dalam pembelajaran sangat memperhatikan perbedaan individual.

Ciri-ciri Pembelajaran Personalized System of Intruction
  1. Memungkinkan siswa maju menurut kemampuan masing-masing (Self race learning).
  2. Ada persayaratan penguasaan yang sempurna bagi setiap unit pelajaran sebelum maju ke unit pelajaran selanjutnya. 
  3. Menggunakan ceramah dan demontrasi sebagai alat untuk memberikan motivasi kepada siswa.
  4. Motivasi guru siswa ditekankan pada penggunaan materi-materi pembelajaran tertulis dalam bentuk programa. 
  5. Menggunkan sistem proctor, yaitu memberikan tes secara berulang-berulang untuk memberikan penilaian secara cepat dan sebagai umpan balik bagi pemberian bantuan kepada siswa yang membutuhkan. 
  6. Menggunakan siswa tutor, yaitu siswa pandai memberi bimbingan belajar kepada yang kurang atau lemah, sehingga seluruh siswa dapat mencapai taraf penguasaan penuh terhadap unit pelajaran yang dipelajari.
  7. Memungkinkan adanya aspek personal dan sosial dalam proses pendidikan. Dengan materi pembelajaran tertulis aspek-aspek pribadi atau personal dapat memperoleh perhatian khusus, sedangkan dengan penggunaan kuliah dan demonstrasi dapat diperhatikan aspek sosial siswa. 
Langkah Langkah Model Pembelajaran Personalized System of Intruction
  1. Merumuskan sejumlah tujuan pembelajaran yang akan dicapai oleh siswa
  2. Menentukan patokan penguasaan atau mastery pembelajaran yang akan dipelajari.
  3. Merumuskan satuan pelajaran byang merupakan pokok -pokok bahasa yang akan dipelajari daklam rangka mencapai tujuan. 
  4. Pokok-pokok bahasa itu dipecah ke dalam bagian bagian lebih kecil sehingga dapat dipelajari secara tuntas. 
  5. Prosedur pembelajaran ditentukan untuk dilakukan siswa dalam rangka mencapai tujuan. 
Prosedur itu tercermin pada perumusan :
  1. Daftar tujuan pembelajaran pada satuan pelajaran
  2. Sejumlah saran belajar yang menekankan pada membaca materi tertulis atau materi lain.
  3. Sejumlah kegiatan belajar untuk memberikan rangsangan berpikir dan bimbingan belajar.
  4. Sejumlah soal tes yang berkaitan dengan tujuan daripada satuan pelajaran yang dipelajari tersebut. 
  5. Setiap siswa mempelajari unit-unit pelajaran dengan kecepatan sesuai dengan kemampuan masing-masing. 
  6. Tes diikuti oleh seluruh siswa, dengan bantuan asisten untuk memeriksa hasilnya. 
  7. Memberikan bimbingan kepada siswa yang belum menguasai materi penuh. 
  8. Evaluasi sumatif pada saat seluruh unit selesai dipelajari untuk menentukan angka keberhasilan. 
Cara Pengajaran Personalized System of Instructions
  1. Penentuan tema
  2. Pembagian materi menjadi sub bab yang lebih kecil 
  3. Pemberian modul yang harus dipelajari oleh siswa 
  4. Tes awal : Tes ini untuk menentukan siapa siswa yang menjadi tutor umtuk membimbing siswa lain yang belum tuntas. 
  5. Tutor membimbing dan mempelajari bersama materi pelajaran yang dianggap belum tuntas. satu siswa boleh membimbing lebih dari satu siswa, sesuai dengan kondisi kelas. 
  6. Siswa dan kelompoknya mempresentasikan materi dengan tekhnik tanya jawab materi. 
  7. Tes awal. Tes ini masih dimungkinkan saling membantu antar siswa tutor dengan siswa yang lain. 
  8. Tes akhir. Tes ini adalah tes akhir yang merupakan tes mandiri.