Ini dia Besaran Dana PIP Tahun 2024

Ini dia Besaran Dana PIP Tahun 2024




Pemerintah kembali menghadirkan Program Indonesia Pintar (PIP) tahun 2024 dengan beragam bantuan untuk mendukung pendidikan anak-anak Indonesia.

Melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), PIP menyasar peserta didik dari keluarga miskin atau rentan miskin, memberikan dukungan dalam bentuk uang tunai serta perluasan akses dan kesempatan belajar.

PIP hadir sebagai solusi untuk meringankan beban biaya pendidikan dan mencegah potensi putus sekolah.

Bantuan ini tidak hanya ditujukan bagi peserta didik dari jalur formal, mulai dari SD hingga SMA/SMK, namun juga jalur non-formal seperti paket A hingga C dan pendidikan khusus.

besaran bantuan PIP untuk tahun 2024 adalah sebagai berikut:

1. Siswa SD/SDLB/Paket A

Menerima bantuan sebesar Rp450.000 per tahun, digunakan untuk kebutuhan dasar seperti buku pelajaran, seragam, dan perlengkapan sekolah lainnya.

2. Siswa SMP/SMPLB/Paket B

Mendapatkan peningkatan bantuan menjadi Rp750.000 per tahun, mengingat kebutuhan pendidikan yang semakin kompleks di jenjang ini.

3. Siswa SMA/SMK/SMALB/Paket C

Bantuan mencapai Rp1.800.000 per tahun, mengingat persiapan yang lebih besar untuk ujian dan masa depan di perguruan tinggi atau dunia kerja.

Kemendikbud Ristek juga telah mengembangkan sistem online untuk memudahkan pengecekan status penerimaan bantuan.

Calon penerima dapat melakukan pengecekan melalui link http://pip.kemdikbud.go.id/ dengan memasukkan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Dengan demikian, siswa dan orang tua dapat dengan mudah memperoleh informasi terkait status penerimaan bantuan secara langsung

No comments:

Post a Comment

x
Ikuti kami di Facebook