Model Pembelajaran Consept Sentence
Model
concept sentence merupakan salah tipe model pembelajaran yang dikembangkan dari
Cooperative Learning. Model Concept Sentence adalah model pembelajaran yang
dilakukan dengan memberikan kartu-kartu yang berisi beberapa kata kunci kepada
siswa, kemudian kata kunci-kata kunci tersebut disusun menjadi beberapa kalimat
dan dikembangkan menjadi paragraf-paragraf. Model ini dilakukan dengan siswa
dibentuk kelompok heterogen dan membuat kalimat dengan minimal 4
kata unci sesuai materi yang disajikan.
Model Concept Sentence merupakan model pembelajaran yang diawali dengan menyampaikan kompetensi, sajian materi, membentuk kelompok heterogen, guru menyiapkan kata kunci, sesuai materi bahan ajar, dan tiap kelompok membuat kalimat berdasarkan kata kunci. Prosedur selanjutnya dalam pembelajaran ini adalah mempresentasikan hasil belajar secara bergantian di depan kelas.
Dalam melaksanakan model concept sentence terdapat langkah-langkah yang perlu dilakukan (Kiranawati: 2008). Langkah-langkah dalam pembelajaran dengan model concept sentence meliputi,
Model Concept Sentence merupakan model pembelajaran yang diawali dengan menyampaikan kompetensi, sajian materi, membentuk kelompok heterogen, guru menyiapkan kata kunci, sesuai materi bahan ajar, dan tiap kelompok membuat kalimat berdasarkan kata kunci. Prosedur selanjutnya dalam pembelajaran ini adalah mempresentasikan hasil belajar secara bergantian di depan kelas.
Dalam melaksanakan model concept sentence terdapat langkah-langkah yang perlu dilakukan (Kiranawati: 2008). Langkah-langkah dalam pembelajaran dengan model concept sentence meliputi,
1.
guru menyampaikan kompetensi yang akan
dicapai,
2.
guru menyajikan materi terkait dengan
pembelajaran secukupnya,
3.
guru membentuk kelompok yang anggotanya
kurang lebih 4 orang secara heterogen,
4.
guru menyajikan beberapa kata kunci sesuai
dengan materi yang disajikan,
5.
setiap kelompok diminta untuk membuat
beberapa kalimat dengan menggunakan minimal 4 kata kunci setiap kalimat,
6.
hasil diskusi kelompok didiskusikan kembali
secara pleno yang dipandu oleh guru, dan
7.
siswa dibantu oleh guru memberikan
kesimpulan.
Kelebihan
model concept sentence:
1.
meningkatkan semangat belajar siswa,
2.
membantu
terciptanya suasana belajar yang kondusif,
3.
memunculkan kegembiraan dalam belajar,
4.
mendorong dan mengembangkan proses berpikir
kreatif,
5.
mendorong siswa untuk memandang susuatu dalam
pandangan yang berbeda,
6. memunculkan
kesadaran untuk berubah menjadi lebih baik,
7.
memperkuat kesadaran diri,
8.
lebih memahami kata kunci dari materi pokok
pelajaran,
9.
siswa
yang lebih pandai mengajari siswa yang kurang pandai.
Kelemahan model pembelajaran ini adalah:
1.
hanya untuk mata pelajaran tertentu;
2. Untuk yang pasif mengambil jawaban dari
temannya (mencontek).
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment