Model Pembelajaran Cooperatif Script
Cooperative Script
Model
belajar Cooperative Script adalah model belajar dimana siswa bekerja secara
berpasangan dan bergantian secara lisan mengikhtisarkan, bagian-bagian dari materi
yang dipelajari. Jadi model pembelajaran Cooperative Script merupakan
penyampaian materi ajar yang diawali dengan pemberian wacana atau ringkasan
materi ajar kepada siswa yang kemudian diberikan kesempatan kepada siswa untuk
membacanya sejenak dan memberikan/memasukkan ide-ide atau gagasan-gagasan baru
kedalam materi ajar yang diberikan guru, lalu siswa diarahkan untuk menunjukkan
ide-ide pokok yang kurang lengkap dalam meteri yang ada secara bergantian
sesama pasangan masing-masing.
Langkah-langkah
1.
Guru membagi peserta didik untuk
berpasangan
2.
Guru
membagi wacana/materi untuk dibaca dan dibuat ringkasannya.
3.
Guru
dan peserta didik menetapkan siapa yang pertama berperan sebagai pembicara dan
siapada yang berperan sebagai pendengar.
4.
Pembicara membacakan ringkasannnya
selengkap mungkin, dengan memasukkan ide-ide pokok kedalam ringkasannya. Sedangkan peserta didik yang lain berperan :
a.
Menyimak/menunjukkan ide-ide pokok yang
kurang lengkap
b.
Membantu mengingat, menghafal
ide-ide pokok dengan menghubungkan dengan materi sebelumnya atau dengan materi lainnya.
5.
Bertukar peran, semula sebagai pembicara ditukar menjadi pendengar dan
sebaliknya. Dan lakukan kembali kegiatan seperti diatas (langkah pada kegiatan
4)
6.
Guru dan siswa bersama-sama membuat kesimpulan materi pelajaran.
7.
Penutup
Keunggulan
Model
pembelajaran Cooperative Script baik digunakan dalam pembelajaran untuk
menumbuhkan ide-ide atau gagasan baru, daya berfikir kritis serta mengembangkan
jiwa keberanian dalam menyampaikan hal-hal baru
yang diyakininya benar.
Sehubungan dengan itu maka kelebihan dari model pembelajaran Cooperative
Script adalah sebagai berikut;
1.
Model pembelajaran Cooperative Script
mengajarkan siswa untuk percaya kepada guru dan lebih percaya lagi pada
kemampuan sendiri untuk berpikir, mencari informasi dari sumber lain dan
belajara dari siswa lain.
2.
Model pembelajaran Cooperative Script mendorong siswa untuk mengungkapkan
idenya secara verbal dan membandingkan dengan ide temannya. Ini secara khusus bermakna ketika dalam proses pemecahan
masalah.
3.
Model pembelajaran Cooperative Script membantu siswa belajar menghormati siswa
yang pintar dan siwa yang kurang pintar dan menerima perbedaan yang ada.
4.
Model pembelajaran Cooperative Script merupakan suatu strategi yang efektif
bagi siswa untuk mencapai hasil akademik
dan social termasuk meningkatkan prestasi, percaya diri dan hubungan
interpersonal positif antara satu siswa dengan siswa yang lain.
5.
Model pembelajaran Cooperative Script banyak menyediakan kesempatan kepada
siswa untuk membandingkan jawabannya dan menilai ketepatan jawaban.
6.
Model pembelajaran Cooperative Script mendorong siswa yang kurang pintar untuk
tetap berbuat
7.
Interaksi yang terjadi selama pembelajaran Cooperative Script membantu
memotivasi siswa dan mendorong pemikirannya.
8.
Dapat meningkatkan atau mengembangkan keterampilan berdiskusi.
9.
Memudahkan siswa melakukan interaksi social
10.
Menghargai ide orang lain.
11.
Meningkatkan kemampuan berpikir kreatif.
Kelemahan
Setiap
model pembelajaran pasti memiliki kelebihan dan kekurangan, begitu juga dengan
Model pembelajaran Cooperative Script ini. Adapun yang menjadi kekurangan dari
Model pembelajaran Cooperative Script ini adalah :
1.
Beberapa siswa mungkin pada awalnya takut untuk mengeluarkan ide, takut dinilai
teman dalam kelompoknya.
2.
Tidak semua siswa mampu menerapkan Model pembelajaran Cooperative Script .
Sehingga banyak tersita waktu untuk menjelaskan mengenai model pembelajaran
ini.
3.
Penggunaan Model pembelajaran Cooperative Script harus sangat rinci melaporkan
setiap penampilan siswa dan tiap tugas siswa, dan banyak menghabiskan waktu
untuk menghitung hasil prestasi kelompok.
4. Sulit membentuk kelompok yang solid yang dapat bekerja sama dengan baik.
5. Penilaian terhadap murid sebagai individual menjadi sulit karena tersembunyi di
dalam kelompok.
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment